Senin, 26 November 2012

Mohammad Hatta Sang Proklamator Kedua



Moh Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Minangkabau, Sumatera barat. Moh Hatta merupakan wakil presiden pertama sekaligus proklamator RI. Beliau muncul sebagai pemimpin dengan kemampuan berorganisasi, dorongan pemikiran yang kreatif dan tulisan-tulisan yang prokavatif. Beliau juga cenderung lebih mengesankan melalui tulisan daripada suara dan ahli dalam bidang ekonomi.
Pada tanggal 17 Agustus 1945 beliau mendampingi Ir. Soekarno dan bersama memproklamasikan kemerdekaan dan berhasil menangkis tantangan – tantangan serius dari dalam maupun dari luar RI sewaktu revolusi. Kemudian Bung Hatta diberi kepercayaan menjadi wakil presiden RI yang pertama. Namun pada tahun 1956, beliau mengundurkan diri dari jabatan tersebut dampak politiknya pun melemah dan beliau tidak pernah memperoleh kembali kekuasaan yang pernah dimilikinya sebagai anggota dwitunggal.
Meskipun Moh Hatta tidak pernah mencapai derajat pengakuan Internasional seperti Soekarno, tapi beliau memainkan peran utama dan signifikan dalam mendirikan Indonesia. Beliau adalah seorang negarawan caliber tertinggi yang siap mengoirbankan ambisi, kekayaan dan kedudukan demi bangsa dan tanah airnya. Peran kepemimpinannya tetap harus kita kenang dan banggakan.

                                                                                By: Ari Kusnanti VIIIA
                                                                                Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar