Senin, 26 November 2012

TRADISI HARI IBU



Tradisi hari ibu sebenarnya sudah berlangsung lama sekali. Di negara lain ternyata mereka punya cara tersendiri buat ngerayain hari ibu.

Di Guatemala misalnya, pada hari ibu di sekolah di liburkan. Di pagi hari mereka khusus membangaunkan ibi dan memberinya hadiah, sebelum siangnya mereka berkunjung ke rumah nenek untuk menikmati makanan kecil atau sekalian makan malam.

Di Thailand, selalu dirayakan pada tanggal 20 Mei. Bertepat dengan hari ultah sang ratu. Penduduk Thailand sangat menghormati dan menghargai Ratu seperti layaknya ibu mereka sendiri.

Di Amerika, hari ibu dirayakan sebagai perayaan tanggal 18 Mei 1914 kewajiban memasang bendera di setiap gedung dan rumah sebagai tanda cinta kepada semua ibu.

Di Inggris tradisi mudik ternyata juga sudah dijalankan sekitar tahun 1600 pada saat perayaan hari ibu atau mereka sebut dengan Mothering Sunday. Pada zaman itu banyak banget anak muda yang bekerja di rumah para bangsawan kaya sehingga harus meninggalkan rumah mereka. Pada saat hari ibu mereka boleh libur dan mudik ke rumah masing-masing untuk berkumpul dengan orang tua, terutama ibu mereka.

Di Filandia hari ibu biasanya dirayakan bertepatan dengan datangnya musim semi. Saat itu indah banget karena biasanya bunga-bunga mulai bermekaran. Tetapi ada satu bunga yang selalu mekar bertepatan dengan hari ibu yaitu bunga Valkovaukka yang bentuknya kecil dan berwarna putih. Sehingga bunga ini menjadi hadiah favorit buat para ibu di sana. 

0 komentar:

Posting Komentar