Senin, 26 November 2012

RUMUS LULUS UJIAN SEKOLAH



     Banyak sebagian orang berpendapat bahwa ujian sebagai momok yang menakutkan, terutama bagi pelajar. Tetepi jangan tanam hal ini pada diri kalian. Untuk itu, baca dulu beberapa tips di bawah ini:

1.      Cari Keringat
Salah satu cara terbaik untuk belajar dengan efektif adalah tinggalkan meja belajar sejenak dan lakukan kegiatan fisik yang membuat kamu berkeringat. Otak itu kan butuh asupan oksigen dalam jumlah yang banyaksupaya bisa bekerja optimal. Penelitian juga menyebutkan bahwa olahraga bisa membantu mempertahankan sel-sel otak dan mengingat pelajaran.
2.      Kasih makan otak
Asam lemak omega 3 yang terdapat pada sarden dan tuna diyakini bisa memperbaiki kemampuan kerja otak. Efeknya pada anak-anak telah diteliti dengan cermat kok. Sebuah penelitian di RS St. George, London Selatan, menyimpulkan bahwa anak yang menderita obesitas (kelebihan berat badan dan diberi omega 3 dan 6 suplemen lainnya menunjukkan peningkatan konsentrasi dan kemampuan membaca.
3.      Hindari warna merah
Warna mempengaruhi fungsi kejiwaan, demikian menurut riset di University of Rochester. Menurut para peneliti, melihat warna merah bisa berdampak negatif karena nilai merah itu kan bikin gak naik kelas ya?
4.      Istirahat donk
Menurut laporan penelitian yang dilakukan Cardiff University, belajar lebih dari 40 menit sekaligus tidak akan membuat kamu tambah pintar. Menurut penulis laporan itu, “Jumlah fakta yang bisa kamu serap akan menurun drastis setelah kamu belajar selama 40 menit tanpa istirahat. Lebih baik setelah belajar 40 menit, istirahatlah selama 20 menit baru belajar lagi 40 menit berikutnya.” Oke bos.
5.      Jangan lupa tidur
Sebuah penelitian melaporkan bahwa sering begadang itu membunuh keterampilan kreatif dan mampu mengambil keputusan. Jadi, cukuplah tidur 7-8 jam per hari. Studi di Harvard University menyimpulkan bahwa tidur siang selama 30-60 menit saja membantu mempertahankan kerja otak.
6.      Minum air
Otak kita 80%nya terdiri dari air. Untuk itu dehidrasi adalah hal buruk bagi kerja otak kita. Penelitian baru-baru ini di University of Sheffield menyatakan bahwa otak kita secara fisik menciut ketika kita mengalami dehidrasi. Untuk itu minumlah 1,5-2,5 L cairan setiap harinya. Jangan lupa ya guys....!
7.      Matikan semua gadget
Para psikolog mengklaim bahwa mengirim SMS secara terus menerus kemudian memeriksa HP berkali-kali untuk melihat ada pesan atau tidak, bisa menurunkan         IQ 2 kali lebih banyak dibanding mariyuana. Berkurangnya IQ sementara disebabkan otak terlalu capek karena dipaksa melakukan beberapa tugas. Jadinya kan malah gak efektif. Untuk itu, selalu kontrol dengan baik aktifitas anda setiap hari untuk meningkatkan kesehatan jasmani maupun rohani kalian. Ochey....!

     Nah, semoga dengan tips ini kalian dapat lebih mudah untuk mempersiapkan diri dalam mengahadapi ujian, terutama buat temen-temen kelas 9 yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional dan sebagai bekal buat adik-adik kelas 7 dan 8 nantinya. Tentunya disamping kita berusaha atau belajar harus ada doa. Semoga sukses untuk semua.......!

0 komentar:

Posting Komentar