Senin, 26 November 2012

Puasa bagi Penderita Maag



              Berpuasa di bulan suci Ramadhan perlu beberapa persiapan, baik persiapan fisik, mental, dan tak lupa niat kita tentunya. Namun bagi penderita penyakit tertentu seperti maag, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar kondisi tubuh tetap prima selama puasa. Beberapa tips berikut, semoga dapat membantu anda yang memiliki keluhan maag :

1.       Berbukalah dengan minuman atau makan ringan yang manis-manis sebagai sumber energy, mengingat kadar gula yang turun selama puasa.
2.       Tetap lakukan olahraga ringan selama puasa. Teratur berolahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar sekaligus menghilangkan stress yang merupakan salah satu factor pemicu timbulnya sakit maag.
3.       Biasakan untuk tidak langsung tidur atau berbaring segera setelah makan sahur karena makan akan sulit turun ke organ-organ pencernaan. Kondisi ini bias membuat asam lambung naik yang dapat menyebabkan kita terasa mual dan ingin muntah.
4.       Sementara hindari dulu minuman yang dapat merangsang asam lambung seperti minuman ringan bersoda, susu, kopi, dan makanan seperti sayur kol, sawi, nangka, dan buah-buahan yang dikeringkan.

Selamat mencoba tips diatas dan semoga ibadah puasa kita lancer tanpa gangguan maag.

0 komentar:

Posting Komentar